Pages

Subscribe:

Kamis, 22 Maret 2012

Proses Rekayasa Perangkat Lunak

Perkembangan teknologi informasi saat ini sangat mempermudah dan mempercepat proses rekayasa perangkat lunak dengan adanya bermacam-macam tool desain, tool pengembangan seperti IDE (Integrated Development Environment), application frame work, dan lain-lain. Hal tersebut sering di salah artikan oleh pengembang perangkat lunak pemula dan pelanggan/pengguna perangkat lunak bahwa pengembangan perangkat lunak bisa diselesaikan dalam satu malam.

Anggapan tersebut sangat tidak tepat. Rekayasa perangkat lunak terdiri dari beberapa kegiatan yang harus di lakukan. Jika tahapan-tahapan tersebut tidak dilalui dengan baik, hampir bisa dipastikan perangkat lunak yang dihasilkan tidak akan mempunyai kualitas yang baik. Jadi tidak ada perangkat lunak  yang bisa dihasilkan dengan baik hanya dengan satu malam.

Rekayasa perangkat lunak bukan seperti  sulap yang bisa diselesaikan dalam sekejap, ada beberapa proses yang yang harus di lalui agar menghasilkan perangkat lunak yang berkualitas.

Proses perangkat lunak (software process) adalah sekumpulan aktifitas yang memiliki tujuan untuk mengembangkan perangkat lunak atau mengubahnya. Secara umum proses perangkat lunak terdiri dari :
  1. Pengumpulan spesifikasi (Specification) yaitu mengetahui apa saja yang harus dapat dekerjakan sistem perangkat lunak dan batasan pengembangan perangkat lunak.
  2. Pengembangan (Development) yaitu pengembangan perangkat lunak untuk menghasilkan siste perangkat lunak.
  3. Validasi (Validation) yaitu memeriksa apakah perangkat lunak sudah memenuhi kebutuhan atau keinginan pelanggan.
  4. Evolusi yaitu mengubah perangkat lunak untuk memenuhi perubahan kebutuhan pelanggan

sumber : Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek. oleh rosa as-m.shalahudin.

0 komentar:

Posting Komentar