Pages

Subscribe:

Kamis, 08 Maret 2012

Khutbah Jum'at : Jangan Pernah Tinggalkan Shalatmu

Oleh: Zuhdi Amin, Lc.

KHUTBAH PERTAMA:

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ, نَحْمَدُهُ, وَنَسْتَعِينُهُ, وَنَسْتَغْفِرُهُ, وَنَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا, وَسَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا.
مَنْ يَهْدِهِ اللَّهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ, وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ, وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ, وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوتُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ.

يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالاً كَثِيرًا وَنِسَاءً وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالأَرْحَامَ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلاً سَدِيدًا يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا

:أَمَّا بَعْدُ
.فَإِنَّ خَيْرَ الْحَدِيثِ كِتَابُ اللَّهِ, وَخَيْرَ الْهَدْيِ هَدْيُ مُحَمَّدٍ, وَشَرَّ الأُمُورِ مُحْدَثَاتُهَا, وَكُلَّ مُحْدَثَةٍ بِدْعَةٌ, وَكُلَّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةٌ, وَكُلُّ ضَلاَلَةٍ فِي النَّارِ

Ma'asyirol Muslimin Rahimakumullah.

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah Subhanahu wa ta'ala atas segala karuni, hidayah, dan berjuta kenikmatan tak terhingga yang telah Dia anugrahkan kepada kita semua.
Shalawat dan salam semoga selalu tercurahkan ke haribaan aginda Rasulullah Sholallahu 'alaihi wasalam, besrta para keluarga, sahabat , dan semua orang yang mengikutinya hingga hari kemudian.

Selanjutnya marilah kita meninggkatkan taqwa kita kepada Allah subhanahu wa ta'ala dengan benar-benar taqwa, yakni dengan menjalankan segala perintahnya dan menjauhi larangannya. 
Kaummuslimin Azzakumullah

Dizaman yang semakin dekat dengan Hari akhir ini , kita menyaksikan suatu fenomena memprihatinkan yang menimpa kaum muslimin, yaitu sebuah kenyataan bahwa sangat banyak di antara manusia yang mengaku beragama islam  namun tidak memahami hakikat agama islam yang di anutnya, bahkan tingkah laku keseharian mereka sangatlah jauh dari nilai-nilai Islam itu sendiri.

Diantara bentuk riil kondisi sebagian kaum Muslimin yang sangat menyedihkan tersebut adalah semakin banyaknya orang-orang islam masa sekarang yang mulai meremehkan dan menyia-nyiakan sholat, bahkan tidak sedikit dari mereka yang berani meninggalkannya dengan sengaja dan terang-terangan. Padahal dalam agama islam , sholat memiliki kedudukan  yang tidak bisa di tandingi oleh ibadah-ibadah lainnya. 


Hal ini di tunjukkan bagaimana Rasulullah menerima wahyu perintah shalat, yaitu di mi'rajkan ke langit di dampingi malaikat Jibril . Setelah beliau sampai di Sidratul Muntaha , Allah Subhanahu wa ta'ala berbicara langsung kepada Rasulullah Sholallahu 'alaihi wasalam. Yang demikin itu menunjukkan bahwa betapa agung kedudukan ibadah sholat dalam islam, karena ia adalah tiang agama, dimana agama ini tidak akan tegak  kecuali dengan nya, dalan satu hadits  shohih Rasulullah Sholallahu 'alaihi wasala bersabda,

" Pokok agama adalah Islam(berserah diri), tiangnya adalah sholat, dan puncaknya adalah jihad di jalan Allah."(HR.Termidzi no.2616).
Sidang Jum'at  yang di muliakan Allah

Shalat adalah ibadah yang pertama kali diwajibkan setelah ikhlas dan tauhid, sebagaimana firman Allah azza wajal :




" Dan tidaklah mereka di suruh  kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepadaNya dalam menjalankan agama dengan lurus , dan supaya mereka mendirikan sholat dan menunaikan zakat, dan yang demikian itulah agama yang lurus."( Al-Bayyinah: 5)

Dan sebagaimana Rasulullah Sholallahu 'alaihi wa salam bersabda :
" Aku telah diperintahkan untuk memerangi manusia hingga mereka bersaksi bahwasanya tiada tuhan selain Allah, dan Muhammad adalah utusan Allah, kemudian mendirikan sholat dan menunaikan zakat.Apabila mereka melakukan itu , maka darah dan harta mereka terpelihara  dariku kecuali dengan hak islam, dan perhitungan mereka diserahkan kepada Allah."(HR.Bukhori dan muslim)

Sholat merupakan amal pertama kali yang akan dihisab dihari kiamat kelak, seperti tersebut dalam hadits , bahwa Rasulullah sholallahu alaihi wasallam bersabda :


أَوَّلُ مَا يُحَاسَبُ بِهِ الْعَبْدُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ الصَّلاَةُ فَإِنْ
 صَلُحَتْ صَلُحَ لَهُ سَائِرُ عَمَلِهِ، وَإِنْ فَسَدَتْ فَسَدَ سَائِرُ عَمَلِهِ
“Amalan yang pertama kali dihisab dari seorang hamba di Hari Kiamat kelak adalah sholat. Jika sholatnya baik, akan baik pula seluruh amalnya. Dan jika rusak sholatnya, akan rusak pula seluruh amalnya.”(Diriwayatkan oleh at-Thabrani dalam Al-Ausath, II/512 dan dinilai shohih oleh Syaikh Al-Albani dalam Ash-Shohiihah, no. 1358)

Disamping itu sholat adalah wasiat terakhir Rasulullah kepada umatnya, sebagai mana yang telah diriwayatkan dari ummu salamah bahwasanya ia berkata :

"Wasiat terakhir Rasulullah adalah,'Kerjakanlah sholat, kerjakanlah sholat,  dan tunaikanlah kewajiban kalian terhadap budak-budak yang kalian miliki."(HR.Ahmad, no.25944).

Hadirin yang dirahmati Allah

Inilah gambaran agungnya kedudukan ibadah Sholat dalam agama islam yang kita anut, sehingga Al-qur'an dan Sunnah yang shoheh telah memberikan ancaman keras bagi orang yang meninggalkan sholat. Dalam surat Al.Muddatsir: 42-43 Allah berfirman :



" Apakah yang memasukkan kamu ke neraka saqor?"Mereka menjawab "Kami dahulu (didunia) tidak termasuk orang-orang yang mengerjakan sholat."

Adapun didalam assunnah disebutkan bahwa orang yang meninggalkan sholat diancam akan dikumpulkan bersama Qorun,Firaun, Haman, dan Ubay bin Khalaf. Beliau bersabda,
"Barang siapa yang menjaganya (sholat fardhu) maka pada hari kiamat dia akan memperoleh cahaya, bukti nyata (yang akan membelanya),dan keselamatan. Dan barangsiapa yang tidak menjaganya, maka dia tidak memiliki cahaya, bukti nyata dan tidak mendapatkan keselamatan serta pada hari kiamat  dia akan di kumpulkan berama Qorun, Fir'aun, dan Ubay bin Khalaf"(HR.Ahmad).

Jama'ah Jum'at Hafizhakumullah

Lantas, apa hukum orang yang meninggalkan  sholat ?
Seluruh ulama umat islam sepakat bahwa orang yang meninggalakan sholat karena mengingkari kewajibannya adalah kafir. Namun mereka berbeda pendapat tentang orang yang meninggalkan sholat tanpa mengingkari kewajibannya. Di antara mereka ada yang berpendapat bahwa ia telah kafir dan keluar dari islam. Sementara yang lain menyatakan bahwa hukumnya masih dibawah kesyirikan dan kekafiran.

Akan tetapi jama'ah sekalian, terlepas dari perbedaan pendapat para ulama tentang hukum dan hukuman bagi orang yang meninggalkan sholat dengan sengaja, hendaklah seorang muslim merasa takut apabila keislamannya diperdebatkan oleh agama dengan sebab meninggalkan sholat. Meski seharusnya sudah cukup bagi kita untuk mersa takut untuk meninggalkan sholat karena dikarenakan ancaman yang begitu keras dari Allah maupun dari Rasulullah. Sehingga Ibnul Qoyyim rohimahullah berata, "Orang yang meninggalkan sholat telah berbuat dosa besar yang paling besar, lebih besar dosanya disisi Allah dari pada membunuh jiwa dan mengambil harta lain. Lebih besar dosanya dari pada zina, mencuri dan meminum khomar. Orang yang meninggalkan sholat akan mendapatkan hukuman dan kemurkaan Allah didunia dan di akhirat" (Lihat kitab As-Sholah wa hukmu tarikiha hal.9, karya Ibnul Qoyyim).

Sholat adalah kebutuhan batin seseorang hamba, layaknya makan dan minum sebagai kebutuhan lahirnya, sehari saja manusia tidak makan maka badannya akan terasa lemas dan tidak berdaya. Makan adalah hajat manusia dan penopang kesehatan badannya. Kebutuhan jasmani terhadap makanan harus dipenuhi, sebagai mana kesehatan rohani juga harus dipenuhi. Kebutuhab hati kita harus dipenuhi dengan berzikir kepada Allah azzawajal, dan diantaranya adalah dengan mengerjakan sholat.
Hadirin rohimakumullah

Perhatikanlah orang-orang yang tidak sholat ! Hidupnya tidak akan mengalami ketenangan, meskipun secara lahiriah hidupnya kaya raya dan mempunyai harta yang melimpah, namun mereka sama sakali tidak mengalami ketenangan dan tidak juga kenyamanan, Berbeda dengan orang yang sholat dapat menenangkan hati, karena didalam sholat mengandung dzikrullah (mengingat Allah) dan itu membawa ketenangan batin, sebagai mana firman Allah dalam surat Ar-ro'du: 28 :









(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.


Jiwa yang melakukan sholat akan mengalami ketenangan dan akan mendapatkan tuma'ninah dalam hidup. Berbeda dengan orang yang enggan sholat. Hidupnya akan mengalami was-was, tidak tenang, ketakutan, dan selalu di ganggu oleh syetan.

Tunaikan lah sholat karena ajal begitu dekat.  Laksanakanlah perintahnya sebagai amal masih dicatat, Segeralah bertaubat sebelum pintunya tertutup rapat.Jadilah hamba yang ta'at demi meraih surganya yang penuh dengan nikmat.

Fa'tabiru ya ulil absor, la'allakum tuflihun..



keyword : Khutbah Juma't , Kumpulan khutbah jum'at, khutbah jum'at tentang Sholat



1 komentar: