Pages

Subscribe:

Selasa, 14 Februari 2012

Keuntungan Pemograman OOP Dalam PHP

Ada dua metode dalam membuat kontruksi aplikasi website , yaitu pemograman terstruktur dan pemograman beroriantasi object.

Pemograma beroriantasi object (OOP) adalah metode pemograman , dimana developer membuat dan mengelompokkan kode-kode yang berkaitan menjadi suatu object, sehingga setiap object dan memiliki data dan fungsi sendiri dan data, dan fungsi tersebut dapat digunakan dengan memanggil object yang bersangkutan terlebih dahulu.

Salah satu unggulan OOP dibandingkan teknik pemograman terstruktur adalah OOP memungkinkan developer untuk membuat modul yang tidak perlu berubah ketika suatu object baru ditambah. Bahkan developer dapat memubuat suatu object baru yang mewarisi beberapa fitur dari object yang sudah ada. Hal ini membuat aplikasi yang berorientasi object lebih mudah di modifikasi(di perbaiki) dan dikembangkan dibandingkan pemograman terstruktur.

Adapun keuntungan menggunakan OOP dalam membuat aplikasi website adalah :
1. Maintanability
Mudah di kelola karena kita dengan mudah menemukan sumber kesalah untuk kemudian diperbaiki. Misalnya  yang rusak adalah penglihatan, tentu yang diperbaiki adalah mata bukan object yang lain (di analofikan dengan tubuh manusia,dimana disetiap bagian tubuh adalah object). Hal ini karena setiap object memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda degan object lainnya.
2. Extensibility
Kemamouan untuk dapat diperluas. Setiap object dapat ditammbah kemampuannya (tentu kode-kode  didalamnya) tampa menggangu object yang lainnya.
3. Reusability
Kemampuan untuk dapat digunakan kembali. Setiap object dapat dipakai  dalam project yang lain jika diperlukan tanpa perlu penyesuaian yang berarti.

0 komentar:

Posting Komentar