Pages

Subscribe:

Senin, 19 Desember 2011

MENGENAL HTML

  1. HTML, Bahasanya Web
Anda sering mengakses internet ? Nah, tentu anda sudah akrab dengan web. Ketika kita mengunjungi suatu situs atau web, misalnya Google, kita perlu mengetikkan alamat www.google.com pada baris alamat dalam broser. Selanjutnya kira akan menjumpai halaman web.

Sesungguhnya halam web, tersusun oleh HTML (HyperText Markup Language). HTML adalah bahasa yang dipakai untuk menyusun halaman web.

catatan: 


  • Tersurat dengan kepanjangannya, HTML adalah bahsa markup.Bahasa markup berarti bahasa yang menggunakan teks sebagai penanda atau pemformat  bagi teks yang lain. Sebaga contoh : <hi>Judul</h1>. Pada HTML membuat teks  "Judul" dituls dengan ukuran besar karena ditulis dengan apitan <h1> dan < /h1>.
  • Berkas yang berisi kode HTML bias disebut dokumen HTML
  • Hypertext berati teks yang mengandung suatu link keteks yang lain. Link biasanya berupa teks yang  digarisbawahi dan apabila di klik maka teks lain akan ditampikan.

Tentu saja browser  yang kita pakai , entah berupa Mozilla , Google Crome , Internet Explorer. atau yang lainnya, mengenal HTML sehingga tanpilan halaman web yang kita dapatkan sesuai dengan yang dikehendaki oleh pembuatnya, yang menaruh sumbernya di server.
Tak dapat disangkal bahwa HTML menjadi tulang punggung aplikasi web . Sekali pun sejumlah teknologi pendukung aplikasi web telah muncul, eran HTML  tetap tidak tergantikan . Kehadiran seperti PHP atau JSP merupakan pelengkap yang memungkinkan aplikasi  web tidak lagi bersifat statis, melainkan dinamis. Berbagai  perubahan pada sisi data tidak perlu mengubah aplikasi. Cara seperti itu terutama dilakukan pada sis server. Artinya , kode seperti PHP dan JSP berjalan di server. Selain cara tersebut , penambahan kode pada HTML juga bisa dilakukan pada sisi klien. CSS(Cascading style sheets) adalah salah satu cara yang dapat di lakuakan . Namun ,  sebelum membocarakan CSS . kita bahas dulu HTML supaya yang belum biasa membaca kode HYML, mempunyai gambaran terlebih dahulu.

Dalam perkembangannya ,HTML secara berlahan - lahan digantikan oleh XHTML (eXtensible HTML) sebab XHTML adalah generasi HTML masa kini . Perlu diketahui HTML 4 adalah standar terakhir sebelum digantikan  oleh XHTML1.0. Namun , secara umum XHTML masih umum disebut dengan HTML. Istilah itu juga digunakan  walaupun sesungguhnya karekteristik XHTML telah digunakan.




                                              


                                             


0 komentar:

Posting Komentar